PENGATURAN JARINGAN PERUSAHAAN

ROUTER & ROUTING

Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

Routing adalah proses dimana suatu item dapat sampai ke tujuan dari satu lokasi ke lokasi lain. Beberapa contoh item yang dapat di-routing : mail, telepon call, dan data. Di dalam jaringan, Router adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan routing trafik.

KOMPONEN ROUTER BESERTA FUNGSINYA

RAM 

Fungsi utama RAM pada router adalah menyimpan konfigurasi yang sedang berjalan (running configuration) dan sistem operasi IOS yang aktif, menyimpan routing table, menangani cache ARP, menangani fast-swtiching cache, menyediakan memori sementara utk konfigurasi file, menangani paket buffer, mengelola antrian paket

NVRAM (Non Volatile RAM) 

NVRAM berguna untuk menyimpan konfigurasi start-up (start-up configuration). Isinya akan tetap ada walaupun router kehilangan power. Ini mungkin termasuk alamat IP (Routing protocol, Hostname dari router) (Admin, Komponen Router dan Fungsinya, 2012)

FLASH MEMORY 

Flash berguna untuk menyimpan IOS (Operating System Image). Memory ini bisa menyimpan berbagai versi software IOS. Merupakan jenis EEPROM (Electronically Erasable Programmable ROM), jadi walaupun router kehilangan power, isinya tetap ada.

ROM 

ROM berguna untuk menyimpan sistem bootstrap yang berfungsi untuk mengatur proses dan menjalankan Power On Self Test (POST) dan IOS Image.

INTERFACE

Interface merupakan komponen eksternal dari suatu router. Gambar di atas memperlihatkan interface standar yang dimiliki oleh sebuah router yang meliputi:

Serial Ports, terdiri dari Serial0 dan Serial1


Fast Ethernet Ports, pasti udah pada kenal semua


Console Port, port utk menghubungkan router dgn dunia luar, port ini akan terhubung ke serial port di PC kita dengan menggunakan kabel Roll Over


Auxiliary Port, hampir sama dengan Console Port, dan tidak semua port ini dimiliki oleh router


Power Switch, untuk power


Untuk bisa terhubung ke router kita membutuhkan diantaranya sebagai berikut :

Port Console


Port Aux


Telnet (Ethernet atau Serial Port)

Posting Komentar

0 Komentar